Modul 1 (Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat)
Kegiatan Belajar 1
Pengertian Pemasaran dari Segi Sosial
Pemasaran adalah suatu proses kemasyarakatan yang melibatkan individu-individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukara secara bebas produk dan jasa nilai dengan pihak lain.
A. Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan pengomunikasian nilsi pelanggan superior.
B. Peran Pemasaran dalam Organisasi
1. Pemasaran korporat (jenjang korporat)
2. Pemasaran strategis (jenjang bisnis)
3. Manajemen pemasaran (jenjang fungsional)
C. Konsep Pemasaran Sebagai Filosofi Bisnis
Filosofi bisnis ini menekankan pada orientasi pelanggan dan koordinasi kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan kinerja organisasi, mencakup empat unsur, yaitu:
1. Orientasi pelanggan
2. Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan
3. Pencapaian tujuan kinerja organisasi
4. Kinerja pemasaran yang lebih baik
D. Membangun Keterhubungan dengan Pelanggan: tanggung jawab manajer pemasaran dalam perusahaan
Dilihat dari tanggung jawabnya pemasaran merupakan aktivitas-aktivitas yang berurutan secara alami yang mengarah pada pencapaian penjualan dan laba yang lebih besar dalam jangka panjang.
E. Konsep Pemasaran Holistik
Konsep pemasaran holistik mencakup empat komponen, yaitu :
1. Pemasaran keterhubungan (relationship marketing)
2. Pemasaran terintegrasi (integrated marketing)
3. Pemasaran internal (internal marketing)
4. Pemasaran tanggung jawab sosial (social responsibility marketing)
F. Peran Pemasaran Dalam Masyarakat
Berpsinsip bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, ada minat pasar sasaran serta menyampaikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pesaing dalam suatu cara yang dapat melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen maupun masyarakat.
G. Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan harus memikirkan kejadian-kejadian diluar perusahaan.
H. Dimensi-dimensi tanggung jawab perusahaan
1. Mendapatkan laba
2. Memperhatikan keejahteraan karyawan
3. Memelihara lingkungan fisik
4. Kondisi masyarakat di sekitar perusahaan
I. Konsumerisme
Konsumerisme adalah sejumlah aktivitas dari organisasi dan aktivis konsumen yang independen, dirancang untuk melindungi konsumen.
Empat hak bagi konsumen yang dikemukakan oleh Presiden Kennedy dari AS, yaitu:
1. Hak atas keelamatan
2. Hak untuk diberitahu
3. Hak untuk didengar
4. Hak untuk menjadi konsumen minoritas tanpa kekurangan
J. Pemasararan dalam Lingkungan yang berubah
Pemasar perlu memperhatikan masyarakat dan lingkungan yang berubah-ubah.
K. Lingkungan Makroekstern
Faktor-faktor dari lingkungan makroekstern adalah sebagai berikut:
1. Demografi
2. Kondisi ekonomi
3. Faktor sosial
4. Faktor politik dan hukum
5. Teknologi
6. Persaingan
7. Lingkungan fisik
8. Lingkungan budaya
L. Lingkungan Mikroekstern
Faktor-faktor dari lingkungan mikroekstern adalah sebagai berikut:
1. Pemasok
2. Perantara pemasaran
3. Pelanggan
4. Pesaing
5. Publik
M. Faktor Nonpemasaran dalam perusahaan
Faktor-faktor tersebut mencakup kemampuan produksi, keuangan, dan personilnya hal lain yang harus diperhatikan adalah lokasi perusahaan, riset, dan pengembangan.
N. Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah sejumlah variabel terkendali(produk, harga, distribusi, dan promosi) yang harus dikelola untuk mencapai kepuasan pelanggan dan tujuan organisasi (Peter and Donnelly, JR, 2007).
Modul 2 (Perumusan Strategi Pemasaran)
Kegiatan Belajar 1
Tugas-tugas Manajemen Pemasaran dalam Kondisi Bisnis yang Sudah Berubah
Tugas utama manajer pemasaran yang pokok meliputi tiga hal berikut :
1. Mendapatkan pelanggan
2. Mempertahankan pelanggan seumur hidup
3. Menanggapi perubahan lingkungan termasuk persaingan
A. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam pemasaran
1. Teknologi
2. Globalisasi
3. Deregulasi
4. Privatisasi
5. Pemberdayaan pelanggan
6. Customisation
7. Persaingan yang semakin ketat
8. Konvergensi industri
9. Transformasi retail
10. Disintermediasi
B. Perubahan dalam manajemen pemasaran
Kondisi lingkungan eksternal yang terus berubah seperti telah dipaparkan sebelumnya, telah menimbulkan perubahan dalam manajemen pemasaran.
C. Penyesuaian Permintaan Sebagai Tugas Manajer Pemasaran
D. Proses Penyampaian Nilai
1. Analisis peluang pemasaran sebgaia tahap awal dalam proses penyampaian nilai
2. Perencanaan pemasaran strategis
3. Rencana pemasaran tahunan
E. Proses perencanaan strategis
Tahap-tahap nya adalah:
1. Menganalisi situasi
2. Menetapkan tujuan
3. Memilih strategi dan taktik
4. Mengevaluasi hasil
F. Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Tujuan umum
2. Tujuan khusus, antara lain adalah meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, mendapatkan laba dalam jangka pendek, dsb.
G. Identifikasi Kendala
Dilakukan sebelum strategi pemasaran ditetapkan.
H. Pengembangan Strategi Pemasaran
Strategi yang ditempuh oleh perusahaan terdiri atas tiga tahap, yaitu:
1. Memilih konsumen atau pelanggan sasaran
2. Mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan mereka
3. Menentukan bauran pemasarannya
I. Merumuskan Program Pemasaran
Masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan program pemasaran, yaitu:
1. Target penjualan
2. Anggaran pemasaran
3. Alokasi bauran pemasaran
4. Penetapan harga
5. Alokasi anggaran pada masing-masing produk
J. Pengimplementasian Rencana Pemasaran
1. Pengorganisasian pemasaran, masing-masing perusahaan memiliki struktur yang berbeda karena mereka berbeda dari segi luas perusahaan maupun kompleksitas pasar yang dikuasainya.
2. Penerapan, suatu rencana tidak akan berguna apabila tidak diterapkan atau dilaksanakan karena rencana itu merupakan peoman kerja.
K. Pengendalian Pemasaran
Proses pengendalian yang harus dilakukan oleh manajemen ada tiga tahap, yaitu :
1. Mengetahui apa yang terjadi
2. Mengetahui mengapa hal itu terjadi
3. Menentukan tindakan selanjutnya
L. Strategi Pemasaran
1. Perbedaan antara tujuan, strategi, dan taktik.
a. Tujuan, memberikan kepuasan kepada kelompok pembeli dan masyarakat
b. Strategi, suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan
c. Taktik, langkah-langkah tertentu yang dipakai untuk melaksanakan strategi
2. Strategi pemasaran, upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk membedakan dirinya secara positif dari para pesaing, menggunakan kekuatan korporat relatifnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih baik dalam suatu lingkungan tertentu (Jain, 1997, p.22) .
3. Pelanggan sasaran
4. Menentukan Keinginan Konsumen
5. Bauran pemasaran, merupkan variabel-variabelyang dipakai sebagai sarana untuk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
M. Pengembangan Strategi Pemasaran
Ada lima konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yakni :
1. Segmentasi pasar dan penargetan
2. Pemosisian pasar (strategi konsentrasi segmen tunggal dan strategi konsentrasi segmen ganda)
3. Strategi memasuki pasar (membeli perusahaan lain, berkembang sendiri, dan kerjasama dengan perusahaan lain)
4. Strategi bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi)
5. Strategi penentuan waktu
Modul 3 (Segmentasi pasar, Penargetan pasar, dan pemosisian)
Kegiatan Belajar 1
Pasar dan Penggolongannya
Pasar adalah semua pelanggan dan pelanggan potensial yang mempunyai :
1. Kebutuhan umum
2. Sumber-sumber (uang, barang) untuk ditukarkan
3. Kemauan untuk menciptakan pertukaran
4. Wewenang untuk menciptakan pertukaran
Pasar terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:
1. Pasar konsumen
2. Pasar bisnis
3. Pasar penjual
4. Pasar pemerintah
5. Pasar internasional
A. Pembedaan/Diferensiasi Produk
Strategi yang baik digunakan adalah pembedaan produk, misalnya membuat merk baru, membuat pembungkus baru.
B. Segmentasi Pasar
Menurut Ferrel dan Hartline (2008, p.163), segmentasi pasar yaitu proses membagi pasar total untuk produk tertentu atau kategori produk kedalam segmen-segmen atau kelompok-kelompok yang relatif.
C. Kriteria Segmentasi
Faktor-faktor yang dipakai untuk mensegmentasikan pasar, khususnya para konsumen, yaitu :
1. Faktor demografis geografis
2. Faktor demografis pribadi
3. Faktor psikografis dan keperilakuan
Faktor-faktor yang dipakai untuk mensegmentasikan pasar organisasional atau pasar bisnis oelh perusahaan, yaitu:
1. Ukuran perusahaan
2. Usia perusahaan
3. Bahasa yang digunakan
4. Pola pertumbuhan
5. Penggunaan produk
6. Jenis institusi
7. Jenis industri
D. Persyaratan untuk Melakukan Segmentasi Pasar yang Efektif
Terdapat liam faktor, yaitu:
1. Dapat diukur (measurbility)
2. Dapat dimasuki (accesbility)
3. Cukup besar (substantiality)
4. Dapat dibedakan (differentiability)
5. Dapat ditindaklanjuti (actionability)
E. Penentuan Pasar Sasaran
Ada tiga alternatif strategi yang dapat ditempuh perusahaan untuk memilih pasar sasaran yaitu segmenting, targeting, positioning.
F. Hubungan Antara Penargetan Pasar dengan Segmentasi Pasar
Dapat digambarkan oleh beberapa hal, yaitu ;
1. Preferensi yang homogen
2. Preferensi yang menyebar (diffused preferences)
3. Preferensi yang mengelompok (clustered preferences)
G. Pemilihan Strategi Penargetan Pasar
Adanya sifat-sifat khusus akan akan membatasi pemilihan strategi penargetan. Faktor-faktor pembatas, yaitu;
1. Sumber-sumber yang dimiliki perusahaan
2. Homogenitas Produk
3. Tahap-tahap dalam daur Hidup Produk
4. Homogenitas Pasar
5. Strategi Pemasaran Saingan
H. Pemosisian Produk
Menurut Ferrel dan Hartkine (2008, p. 2002), pemosisian produk adalah pembentukan citra mental tawaran produk dan pembedaan fiturnya dibenak pasar.
I. Strategi Pemosisian Produk
Perusahaan dapat menempuh dua macam strategi, yaitu:
1. Pemosisian ulang produk
2. Perluasan merek
J. Strategi Pemasaran
Ada tiga macam strategi pemasaran, yaitu :
1. Strategi penetrasi pasar
2. Strategi pengembangan produk
3. Strategi pengembangan pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar